Lebih-banyak-merek-bermitra-dengan-pembuat-konten-sebagai-strategi-pemasaran

Lebih banyak merek bermitra dengan pembuat konten sebagai strategi pemasaran

Semakin banyak produk dan merek yang menggunakan konten kreator sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. Hal ini membuka potensi industri content creator di Indonesia untuk terus tumbuh dan berkembang.

Lebih banyak merek bermitra dengan pembuat konten sebagai strategi pemasaran

Potensi industri content creator di Indonesia semakin berkembang setiap tahunnya, apalagi dengan adanya pandemi. Ketika kebanyakan orang menghabiskan banyak waktu di rumah dan ditemani oleh gadget, mereka cenderung lebih sering menonton konten menarik di berbagai platform.

Lebih-banyak-merek-bermitra-dengan-pembuat-konten-sebagai-strategi-pemasaran

Baca juga:
– Niagahoster: PSE Kominfo harus memberikan rasa aman kepada masyarakat
– Niagahoster bermitra dengan IKA UM untuk mengembangkan kursus WordPress Pro untuk generasi saat ini
– Niagahoster: Strategi Multisaluran membantu bisnis beradaptasi dalam situasi yang berbeda
– Niagahoster: Mendorong generasi muda untuk mengembangkan keterampilan digital

Saat ini, semakin banyak pembuat konten yang menunjukkan keunikannya dan menarik perhatian publik karena berbeda dari yang lain. Meskipun mereka masih berusaha untuk mendapatkan pelanggan sebanyak yang lain, potensi besar mereka tidak dapat diabaikan.

“Potensi industri content creator di Indonesia diperkirakan mencapai 7 triliun

pada awal 2022 berdasarkan data dari Katadata,” kata Donny Yudhistira Nugroho, Affiliate Marketing Specialist Niagahoster pada acara LiteBites Niagahoster 54.0 beberapa waktu lalu.

Dengan konten yang menarik, banyak brand atau produk kemudian mengajak para kreator untuk berkolaborasi memasarkan brand atau produk tersebut. Berdasarkan penelitian, pendapat pembuat konten sebagian besar diikuti oleh pemirsa konten mereka.

“62% konsumen Indonesia menyatakan tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan oleh content creator atau influencer,” lanjut Donny.
Strategi Pemasaran TikTok. (Penghosting Niaga)
Strategi Pemasaran TikTok. (Penghosting Niaga)

Kemitraan pemasaran untuk meningkatkan penjualan

Didukung oleh GliaStudio

Semakin banyak merek atau perusahaan yang menggunakan pemasaran kemitraan untuk memasarkan produknya. Merek-merek ini bermitra dengan pembuat konten atau influencer yang memiliki banyak pengikut di platform yang mereka gunakan.

Kemitraan pemasaran, atau bekerja sama dengan pihak lain untuk mempromosikan produk atau merek, akan meningkatkan jangkauan ke audiens yang tidak termasuk dalam tujuan pemasaran, tambah Donny.

Bekerja dengan mitra untuk mempromosikan merek atau produk memiliki beberapa manfaat. Karena channel affiliate marketing terus berkembang setiap harinya dan menjadi channel yang patut diperhitungkan.

“Seiring banyaknya konten yang berasal dari mitra, audiens mereka akan menjadi lebih sadar akan keberadaan merek kami dan akan mulai tertarik untuk belajar lebih banyak dengan mengunjungi situs ini. Lalu lintas situs web juga akan meningkat dan meningkatkan peringkat Google. Dari situ, ketika orang lain melakukan pencarian Google untuk kata kunci terkait, situs web merek atau produk kami muncul di bagian atas, “jelasnya.

Kenali kebiasaan calon konsumen

Untuk mengidentifikasi pembuat konten yang tepat sebagai mitra pemasaran, merek, atau produk, Anda perlu memahami kebiasaan calon konsumen. Menurut penelitian, orang-orang pada umumnya lebih mudah terganggu akhir-akhir ini dan fokusnya cukup pendek. Oleh karena itu, konten video pendek adalah yang paling populer saat ini.

“Sekarang video 15 detik masih sangat populer. Namun seiring berjalannya waktu, fokus manusia pada tampilan layar atau konten akan terus berkurang. Oleh karena itu, brand perlu memahami perilaku pelanggan dan kemudian menggunakannya sebagai metode pemasaran digital,” katanya.

Kebiasaan calon konsumen akan terus berubah seiring dengan perubahan situasi. Membaiknya pandemi dan kebangkitan aktivitas offline akan mengubah perilaku pelanggan.

“TikTok sekarang sangat terkenal karena video yang disajikan cukup singkat dan menarik. Begitu banyak orang menggunakannya sebagai platform pemasaran digital. Tapi itu belum tentu terjadi untuk tahun depan. Ini tentang mengikuti tren dan beradaptasi untuk mempresentasikannya kepada audiens dan produk,” pungkas Donny.

Niagahoster sebagai penyedia layanan web hosting juga menyediakan platform bagi para pelaku bisnis, pemangku kepentingan UMKM, digital marketer dan masyarakat umum untuk menentukan langkah selanjutnya mengikuti perubahan situasi dengan mengantarkan perbaikan pandemi di Indonesia melalui Brand Marketing Con 2022 Event yang akan berlangsung dari 24 hingga 25 Agustus 2022 gratis.

Baca Juga :

https://altech.co.id/